Blog

Pengujian Sealant Dow Corning: Part 2

Tiga jenis pengujian akan dilalui sebelum dilakukan proses bonding terhadap material apabila telah diputuskan akan digunakan silikon 2-part pada material tersebut. Tahapan pengujian pada sampel material adalah sebagai berikut:

 

  • Homogeneity test

Pengujian campuran yang juga disebut dengan the butterfly test, di mana sealant diaplikasikan sepanjang ±15 cm pada secarik kertas dan dilipat menjadi dua bagian. Apabila penyebaran warna tidak seimbang, maka diharuskan melakukan penambahan lem kaca. Pengujian ini harus dilakukan berulang-ulang hingga ditemukan komposisi di mana penyebaran warna telah seimbang.

 

  • Curing time test

Pengujian ini dapat disebut dengan cup test karena pengujian dilakukan dengan menggunakan gelas plastik dan stik kayu. Lem kaca ditempatkan setinggi setengah gelas plastik dan gunakan stik kayu untuk menguji apakah lem kaca telah berkohesif dengan baik. Batas waktu pengujian ini adalah 45 menit. Apabila dalam 45 menit lem kaca belum dapat berkohesif, maka pengujian dinyatakan gagal atau dibatalkan.

 

  • In loco adhesion test

Bersihkan permukaan sampel material yang akan digunakan pada proyek dengan menggunakan kain lembut dan bersih sesuai dengan laporan. Selanjutnya, aplikasikan cairan primer yang telah dispesifikasikan. Rekatkan sampel dengan tape perekat. Setelah itu, aplikasikan lem kaca di atas tape sepanjang 20 cm dan pastikan melewati tape perekat. Setelah lem kaca kering, tarik atau lepaskan lem kaca menggunakan tangan untuk melihat apakah terdapat kegagalan pada substrat. Apabila terdapat indikasi bahwa lem kaca tidak dapat menyatu dengan substrat, maka batch pengujian harus ditolak. Pengujian ini harus dilakukan setiap akhir batch pengujian proyek.

 

Dow Corning kemudian akan melakukan quality control terhadap produk yang lolos pengujian, yang dapat disebut dengan audit. Proses ini dilakukan dengan sampel material yang lebih besar. Proses audit dilakukan sesuai dengan prosedur standar tentang pengaplikasian sealant silikon Dow Corning.

 

Share this Post: