Blog

Cara Menggunakan Lem Sealant Dow Corning

Sealant atau biasa kita sebut lem kaca adalah salah satu material yang cukup krusial dalam bidang konstruksi bangunan. Material ini berfungsi sebagai pengisi, penambal dan perekat pada material bangunan seperti lantai keramik, ujung parket, pengisi antar kaca, dll. Tidak ada salahnya jika Anda mempunyai barang ini di rumah Anda, karena barang ini juga akan bermanfaat untuk Anda.

               Nah, bagaimana cara memilih dan menggunakan sealant yang sesuai dengan kebutuhan Anda? pertama, Anda perlu mengamati terlebih dahulu apa yang akan Anda perbaiki, seberapa besar kerusakannya, bagaimana kondisi cuacanya. Berikut kami sajikan bagaimana memilih sealant yang sesuai dengan kebutuhan Anda :

  1. Sealant untuk kaca dan jendela

Sealant yang digunakan untuk jendela, pintu, awnings, gasket kulkas, knalpot dan  akuarium harus mempunyai sifat fleksible dan tidak berwarna.

  1. Sealant untuk kamar mandi dan ubin

Sealant yang digunakan pada semua permukaan kamar mandi, toilet dan dapur biasanya adalah sealant yang built-in cetakan dan jamur inhibitor.

  1. Sealant untuk atap dan selokan

Sealant yang tidak menimbulkan efek korosi pada permukaan logam cocok digunakan untuk atap, talang air dan dinding.

  1. Sealant untuk bata dan beton

Sealant yang digunakan pada beton, semen, batu, marmer dan batu tulis perlu memiliki sifat segel permanen, waterproff, fleksible dan dapat bertahan dalam jangka waktu.

  1. Sealant untuk pengaman

Sealant yang diaplikasikan pada bingkai kaca, kusen pintu, kayu dan batu harus dibersihkan ke dalam air terlebih dahulu, ada juga yang menggunakan pavers untuk mencegah tumbuhnya gulma.

 

Cara menggunakan lem sealant

               Lem sealant biasanya dapat bertahan antara 1-2 tahun dalam keadaan tertutup (kemasan belum dibuka). Sebelum menggunakan lem sealant, sebaiknya Anda memastikan apakah kondisi sealant yang akan kita gunakan dalam kondisi baik. Coba uji sealant dengan meletakkannya pada permukaan yang tidak berpori sebelum Anda mengaplikasikan untuk material bagunan Anda. kemudian pastikan tongkal silicon yang berasal dari cartridge lancar dan pastikan waktu keringnya sudah sesuai dengan waktu yang ditetapkan. Berikut langkah-langkah menggunakan lem sealant:

  1. Persiapan permukaan

Pastikan permukaan benda yang akan diberi silicon memiliki permukaan kering. Hal ini cukup krusial, karena dapat memperngaruhi tingkat adhesi. Jika permukaan yang Anda gunakan berjamur, bersihkan dahulu sebelum menerapkan lem silicon baru.

  1. Pastikan area kering

Pastikan area yang akan digunakan bersih dan kering. Jika mengisi antara kaca dan aluminium, gunakan selotip. Kemudian ambil tabung silicon dan gunakan pisau untung memotong ujung nozzle.

  1. Tarik pegangan caulking pistol

Tarik pegangan caulking pistol dan tempatkan tabung silicon di pistol. Selanjutnya kecilkan pegangan dan dorong melawan ujung tabung.

  1. Dorong pegangan silicon di depan nozzle

Dorong pegangan dari depan nozzle untuk mencegah pembentukan gelembung udara. Kemudian segel dan pastikan pegangan pada tabung sudah terpasang dengan baik.

 

Keistimewaan lem sealant Dow Corning

Dow Corning, salah satu perusahaan lem sealant yang telah berpengalaman selama lebih dari 50 tahun berhasil membantu membangun dan merawat rumah impian Anda dalam hal penghematan energy dan biaya. Teknologi silicon yang terdapat pada lem sealant dow corning terbukti mengungguli alternatif lainnya dalam hal ketahanan terhadap dingin dan panas. Kandungan kimia yang ada dalam silicon menjadikan sealant dow corning memiliki adhesi yang tahan lama sehingga dapat mengurangi rutinitas pengaplikasian ulang pada material yang diberi lem sealant. Produk ini membuat bangunan Anda tahan cuaca dan membantu peningkatan proyek pembangunan seperti untuk caulking, perekatan, dan menutup celah – kamar mandi, ruang santai serta dapur.

 

Share this Post: