Blog

Kelebihan Silicone Sealant Dibanding Sealant Lainnya

Ada berbagai jenis sealant Indonesia yang bisa Anda temukan, mulai dari yang lokal hingga impor dan silicone hingga akrilik. Akan tetapi, silicone sealant adalah pilihan yang lebih tepat karena keunggulannya dibandingkan tipe lainnya. Apa saja kelebihannya?

 

Pertama-tama, mari melihat kegunaan silicone dan acrylic sealant. Sealant silikon terbuat dari silicone polymer, yaitu bahan seperti karet yang elastis namun tetap kokoh. Ada tiga tipe silikon yang berbeda, tetapi atap dan hal-hal eksternal biasanya menggunakan tipe neutral curing silicone.

 

Hal ini karena sifat adhesinya yang sangat bagus dan juga ketahanan cuacanya. Lalu, fleksibilitasnya juga diperlukan karena setiap bangunan akan memiliki atau mengalami pergerakan. Yang jelas, silikon adalah yang terbaik untuk urusan cuaca, dan ada banyak varian silicone sealant Indonesia yang bisa Anda pilih untuk kegunaan yang ini seperti Dow Corning.

 

Sebaliknya, sealant lain di Indonesia seperti akrilik terbuat dari acrylic polymers dan lebih umum digunakan untuk hal-hal internal seperti filler. Berbeda dengan silikon, sealant ini tidak memiliki daya tahan yang lama dan mudah terpengaruh oleh suhu, kelembaban, dan cuaca.

 

Jika sealant akrilik digunakan untuk hal-hal eksternal, maka perawatannya akan lebih rumit karena Anda harus memperhatikan cuaca. Kondisi luar harus selalu kering dan tidak terlalu panas untuk menghindari kerusakan.

 

Bila dibandingkan, sealant silikon sangat mudah diatur dan digarap tanpa perlu khawatir akan cuaca tak menentu di Indonesia dan lainnya. Kelebihan paling menonjol dari jenis sealant ini adalah karakteristiknya yang dapat diwarnai dengan hampir semua jenis cat. Tetapi, silicone sealant Indonesia juga sudah memiliki beberapa alternatif yang dapat dicat.

 

Selain akrilik, silicone sealant juga kerap dibandingkan dengan polyurethane sealant. Secara fungsi, polyurethane bekerja lebih baik jika digunakan dengan kayu. Namun bila dilihat dari segi daya tahannya, silikon lebih unggul dengan ketahanan hingga 20 tahun. Lebih kuat daripada  polyurethane hanya dapat bertahan dari 5 hingga 10 tahun.

 

Hal ini karena polyurethane memiliki bahan organik, sedangkan silikon berbahan inorganik atau campuran. Hasilnya, silkon lebih kuat terpapar sinar UV serta mampu beradaptasi dengan cuaca ekstrem. Beberapa produsen malah dapat memberikan Anda 20 tahun garansi sesuai dengan masa ketahanan silikon tersebut.

 

Sealant Indonesia memiliki banyak jenis, tipe, dan brand, sehingga harga adalah salah satu faktor penting untuk menentukan pilihan Anda. Nah, dalam segi harga, silikon memang jauh lebih tinggi daripada polyurethane dan akrilik, bahkan hingga dua kali lipat.

 

Tetapi, Anda akan mendapatkan kelebihan dan manfaat yang jauh lebih bermutu. Selain itu, Anda juga akan lebih sering membetulkan dan mengganti sealant polyurethane atau akrilik daripada silikon, dan hal ini justru akan menguras dana yang cukup banyak.

 

JIka disimpulkan, silicone sealant adalah pilihan yang paling tepat untuk proyek-proyek Anda oleh karena keserbagunaan dan fleksibilitasnya. Dan untuk menjamin bahwa Anda akan mendapatkan sealant terbaik, Graha Pertiwi Mandiri menghadirkan Dow Corning sebagai brand sealant di Indonesia yang andal dan berkualitas.

Share this Post: