Blog

Manfaat Lem Kaca Untuk Kehidupan Sehari-Hari

Sealant atau lem kaca biasanya dianggap sebagai salah satu bahan bangunan. Meskipun bukan materi inti, barang ini tetap banyak peminatnya oleh karena fungsinya sebagai pengisi, penambal, dan perekat. Tidak jarang untuk menemukan proyek-proyek bangunan besar yang menggunakan sealant agar menjamin kesuksesannya.

 

Tetapi Anda juga bisa menggunakan lem kaca dalam kehidupan sehari-hari. Seperti yang sudah dijelaskan di artikel ini, sealant memang dapat diaplikasikan ke berbagai kebutuhan. Dalam dunia otomotif, sealant berperan penting untuk mengamankan celah agar menghindari kebocoran. Sebelumnya, tugas ini dilakukan oleh solid gasket, namun sealant dinilai lebih efektif.

 

Yang jelas, fungsi dan kegunaan sealant itu sangat beragam. Sehingga, menggunakannya dalam seputar rumah tangga (terutama yang bersifat DIY) bukanlah hal yang tidak mungkin. Apalagi, cara pemakaiannya tidak sulit. Hanya buka tutupnya, tempelkan ujungnya ke bagian yang ingin dituju, lalu tekan pendorongnya.

 

Anda dapat menggunakannya untuk bagian ujung lantai keramik, pengisi antar kaca, ujung parket, dan lain sebagainya. Sebagai contoh, Anda bisa gunakan lem kaca untuk menyegel atau mendempul kamar mandi rumah sendiri. Anda dapat mengisi celah-celah antara wastafel atau bak mandi dengan dinding.

 

Pertama-tama, Anda harus mengganti segel yang lama karena jika Anda hanya menumpuknya, maka hasilnya tidak akan tahan lama. Ambil dan keruk segel/dempul yang lama hingga benar-benar bersih.

 

Lalu, bersihkan permukaan dinding dan bak/wastafel untuk menghilangkan segala bentuk jamur serta sisa-sisa segel yang lama, setelah itu biarkan kering. Jika Anda mengaplikasikan sealant ini pada permukaan yang lembab, sealant tersebut akan susah menempel.

 

Setelah itu beri selotip atau lakban di daerah yang ingin Anda segel. Arahkan ujung lem kaca Anda dengan hati-hati, lalu keluarkan isinya dalam sudut 90 derajat. Setelah itu, ratakan sealantnya. Anda bisa menggunakan alat khusus, namun jari Anda yang sudah dicelupkan dalam air saja sudah cukup. Setelah meratakannya, kelupas selotip dan biarkan mengering.

 

Saat masa pengeringan, Anda harus benar-benar tahan untuk tidak menggunakan kamar mandi. Meskipun Anda sudah melihat bahwa sealant tersebut sudah tidak terasa lengket, hal itu belum tentu menunjukkan bahwa lem kacanya sudah benar-benar kering dan siap digunakan. Kelembaban udara sangat membantu proses ini, namun bila cuaca dan udara sedang kering, biarkan selama kurang lebih tiga hari.

 

Ada banyak kegunaan lem kaca yang lain dalam rumah tangga atau kehidupan sehari-hari selain untuk kamar mandi. Tetapi yang penting, Anda juga harus mengerti dan mengetahui jenis-jenis sealant yang cocok untuk kebutuhan Anda.

 

Bila Anda salah pilih, hal ini justru akan merugikan Anda sendiri. Contohnya adalah penggunaan sealant khusus waterpump pada gardan mobil. Pada akhirnya, Anda harus membongkar ulang karena ada rembesan atau penyumbatan.

 

Supaya tidak mengalami kesalahan yang merepotkan atau merugikan, maka sebaiknya Anda membeli lem kaca dari distributor resmi yang sudah betul-betul paham dan mengerti akan segala jenis produk sealant dan kegunaannya. Graha Pertiwi Mandiri adalah distributor resmi yang siap melayani dan membantu Anda mendapatkan sealant premium Dow Corning untuk kebutuhan Anda.

Share this Post: