Blog

Sejarah Terbentuknya Dow Corning, Perusahaan Besar Sealant Indonesia

Corning Inc. merupakan perusahaan Amerika yang memproduksi kaca, keramik, dan material sejenis untuk kepentingan industri dan ilmiah. Corning Inc. melakukan pendekatan bisnis terhadap The Dow Chemical Company, perusahaan kimia terbesar di Amerika, untuk membuat perekat yang berbeda bersama ilmuwan dari The Dow Chemical Company. Setelah para ilmuwan menemukan material silikon sebagai terobosan baru lem kaca/sealant bagi Corning Inc., kedua pihak memutuskan untuk bekerja sama sehingga terbentuklah perusahaan baru bernama Dow Corning di tahun 1943.

 

Dow Corning merupakan perusahaan global yang memimpin di bidang teknologi kontruksi dan inovasi berbasis silikon. Dow Corning mengembangkan potensi-potensi yang dimiliki silikon untuk dapat berperan sebagai pelopor solusi perubahan wajah di ibukota dunia.

 

Hingga akhir tahun 2013, sealant Dow Corning telah memiliki lebih dari 11,000 karyawan loyal dan memasarkan 7,000 produk-produk lem kaca dan layanan yang memuaskan kepada 25,000 pelanggan yang tersebar di seluruh dunia.

 

Dow Corning telah membantu industri di seluruh dunia dalam ‘menciptakan masa depan’ di bidang:

 

Beauty & Personal Care

Chemical Manufacturing

Solar Energy

Electronics

Food & Beverage

Healthcare

High Performance Building

Household & Cleaning

Imaging

Industrial Assembly & Maintenance

Lighting

Oil & Gas

Packaging

Paints & Coatings

Plastics & Composites

Power & Utilities

Rubber Fabrication

Semiconductor

Textiles

Transportation

 

 

Dow Corning telah terbukti memiliki daya tahan lebih dari 50 tahun dan telah mengikuti BAM-Durability-Test di Jerman pada 2012-2015. Tes uji ini meliputi tes UV, suhu, pelapukan, beban, angin, benturan, iklim, muatan kimia, dll.

 

Selama 53 tahun, sealant Dow Corning berhasil mematenkan tiang jendela dengan vision glass dalam proyeknya sejak tahun 1964 di Amerika Serikat. Selain itu, pada 1971 telah dibangun gedung berstruktur kaca pada empat sisinya dengan pelindung keamanan tambahan (“Grand Daddy” of SG). SG-Silicone milik Dow Corning telah sukses melewati tes uji daya tahan untuk 25 tahun ke depan.

 

Pada 2015, The Dow Chemical Company memutuskan untuk membeli 50% saham Corning Corporation di Dow Corning sehingga kepemilikan Dow Corning adalah 100% milik The Dow Chemical Company.

 

Share this Post: